Minggu, 10 Mei 2009

Teori X dan teori Y

Teori XY dari Douglas McGregor menyatakan di organisasi ada dua golongan individu: individu yang berperilaku TEORI X dan yang berperilaku Y.

Individu yang berperilaku teori X punya sifat : TAK SUKA DAN BERUSAHA MENGHINDARI KERJA, TAK PUNYA AMBISI, TAK SUKA TANGGUNG JAWAB, TAK SUKA MEMIMPIN, SUKA JADI PENGIKUT, MEMIKIRKAN DIRI TAK MEMIKIRKAN TUJUAN ORGANISASI, TAK SUKA PERUBAHAN, SERING KURANG CERDAS. Contoh Individu dengan teori X : pekerja bangunan.

Individu yang berperilaku teori Y punya sifat : SUKA BEKERJA, COMMIT PADA PEKERJAAN, SUKA MENGAMBIL TANGGUNG JAWAB, SUKA MEMIMPIN, BIASANYA ORANGNYA PINTAR. Contoh teori Y : manajer yang berorientasi pada kinerja.

Dari deskripsi di atas, kita bisa ambil kesimpulan sementara bahwa sebuah organisasi akan diisi dengan pekerja yang penuh semangat, berdedikasi tinggi (berperilaku teori Y) jika organisasi tersebut berhasil memenuhi kebutuhan fisiologis, rasa aman, rasa kasih sayang, merasa dihargai, dan aktualisasi diri dari seluruh pekerja. Di sisi lain, pekerja yang berperilaku Y tidak lagi menuntut pemenuhan kebutuhan fisiologis atau rasa aman.

Teori X ini menyatakan bahwa pada dasarnya manusia adalah makhluk pemalas yang tidak suka bekerja serta senang menghindar dari pekerjaan dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Pekerja memiliki ambisi yang kecil untuk mencapai tujuan perusahaan namun menginginkan balas jasa serta jaminan hidup yang tinggi. Dalam bekerja para pekerja harus terus diawasi, diancam serta diarahkan agar dapat bekerja sesuai dengan yang diinginkan perusahaan. Akibatnya, perkembangan kreativitas karyawan tidak akan berjalan.

Keuntungan Teori X:
- karyawan bekerja untuk memaksimalkan kebutuhan pribadi

Kelemahan Teori X:
- Karyawan malas
- berperasaan irrasional
- tidak mampu mengendalikan diri dan disiplin

Keuntungan Teori Y:
- pekerja menunjukkan kemampuan pengaturan diri,
- tanggung jawab
- inisiatif tinggi
- pekerja akan lebih memotivasi diri dari kebutuhan pekerjaan

Kelemahan Teori Y:
apresiasi diri akan terhambat berkembang karena karyawan tidak selalu menuntut kepada perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar